Browse » Home »
artikel
» Proposal Kerjasama Training Of Trainer English Language As Skill Of Elementary School (Training Penguasaan Skill Bahasa Inggris Untuk Sekolah Dasar)
Senin, 01 Oktober 2007
Proposal Kerjasama Training Of Trainer English Language As Skill Of Elementary School (Training Penguasaan Skill Bahasa Inggris Untuk Sekolah Dasar)
1.Pendahuluan
Jasa adalah bidang yang sangat unik karena perbedaannya bila di bandingkan bidang usaha lain. Dalam bidang jasa, elemen manusia sangat penting karena perannya dalam upaya mencapai kesetiaan konsumen yang akan mengarah kepada keunggulan kompetitif perusahaan. Studi ini bertujuan untuk menggambarkan dan menemukan pengaruh elemen manusia terhadap kesetiaan konsumen melalui kepuasan konsumen dan kepercayaan. Ditemukan dalam studi ini bahwa kehandalan karyawan merupakan variabel yang paling penting dalam upaya memperoleh konsumen yang setia melalui kepuasan dan kepercayaan. Ditemukan juga peran kepercayaan konsumen terhadap kepuasan konsumen. Menurut perspektif manajemen sumber daya manusia untuk memperoleh konsumen yang loyal perusahaan perlu mengembangkan modal intelektualnya.
Kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di Indonesia mengalami perkembangan dan perubahan secara terus menerus sebagai akumulasi respon terhadap permasalahan-permasalahan yang terjadi selama ini serta pengaruh perubahan global, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni dan budaya. Hal ini menuntut perlunya perbaikan system pendidikan nasional termasuk penyempurnaan kurikulum. Penyempurnaan kurikulum yang telah dilakukan mengacu pada Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah yang terkait yang mengamanatkan tentang adanya standar nasional pendidikan yang berkenaan dengan standar isi, proses, dan kompetensi lulusan serta penetapan kerangka dasar dan standar kurikulum oleh pemerintah. Upaya penyempurnaan kurikulum ini guna mewujudkan peningkatan mutu dan relevansi pendidikan yang harus dilakukan secara menyeluruh mencakup pengembangan dimensi manusia Indonesia seutuhnya, yakni aspek-aspek moral, akhlak, budi pekerti, pengetahuan, keterampilan, kesehatan, seni dan budaya. Pengembangan aspek-aspek tersebut bermuara pada peningkatan dan pengembangan kecakapan hidup yang diwujudkan melalui pencapaian kompetensi peserta didik untuk bertahan hidup serta menyesuaikan diri dan berhasil dalam kehidupan. Kurikulum ini dikembangkan lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan dan keadaan daerah dan sekolah. Dokumen kurikulum 2004 terdiri atas Kerangka Dasar Kurikulum 2004, Standar Bahan Kajian dan Standar Kompetensi Mata Pelajaran yang disusun untuk masing-masing mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan. Dokumen ini adalah Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk satuan pendidikan SD atau MI. Dengan diterbitkan dokumen ini maka diharapkan daerah dan sekolah dapat menggunakannya sebagai acuan dalam pengembangan perencanaan pembelajaran di sekolah masing-masing.
2.Latar Belakang Masalah
Pelajaran Bahasa Inggris menjadi salah satu mata pelajaran dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi yang dimulai dari Kelas III sampai dengan Kelas VI (SD dan MI) dan dari Kelas VII sampai dengan Kelas IX (SMP dan MTs). Melalui mata pelajaran Bahasa Inggris, peserta didik diarahkan, dibimbing, dan dibantu untuk menjadi warga negara Indonesia dan warga dunia yang baik. Menjadi warga negara dan warga dunia yang baik merupakan tantangan yang berat karena masyarakat global selalu mengalami perubahan besar setiap saat. Untuk itulah, Bahasa Inggris dirancang untuk membangun dan merefleksikan kemampuan peserta didik dalam kehidupan masyarakat yang selalu berubah dan berkembang secara terus menerus. Bahasa Inggris sebagai suatu mata pelajaran menjadi wahana dan alat bagi siswa untuk meningkatkan mutu dari pendidikan bahasa asing. Dengan demikian, Bahasa Inggris diperlukan bagi keberhasilan transisi dari kehidupan kanak-kanak menuju ke kehidupan dewasa dan dalam rangka membentuk karakter bangsa yang sesuai dengan prinsip dan semangat kebangsaan.
3.Fungsi dan Tujuan
Bahasa Inggris di SD atau MI mempunyai fungsi dan tujuan berikut ini:
Fungsi:
Fakta, peristiwa, konsep, dan generalisasi yang terdapat dalam Bahasa Inggris berfungsi untuk mengembangkan pengetahuan, nilai, sikap, dan keterampilan berkomunikasi dan berkarya sastra bagi peserta didik agar dapat direfleksikan dalam kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia.
Tujuan:
3.1Mengembangkan pengetahuan dasar berbicara, mendengar, menulis, memebaca, dan sastra
3.2Mengembangkan kemampuan berpikir, inquiri, pemecahan masalah, dan keterampilan berbahasa.
3.3Membangun komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilaiberbahasa sebagai bangsa.
3.4Meningkatkan kemampuan berkompetisi dan bekerja sama dalam masyarakat yang majemuk, baik dalam skala nasional maupun skala internasional.
4.Sasaran
Dalam kegiatan ini yang menjadi target operasi kami adalah para siswa SD atau MI yang masih berada pada kelas IV-V di desa Golantepus Mejobo Kudus.
5.Pelaksanaan
5.1Tempat
Kegiatan Ini akan segera dilaksanakan di Tiap-tiap sekolah Di desa Golantepus Mejobo kudus.
5.2Waktu
Sedangkan mengenai waktu akan diprinci sebagai berikut:
Kegiatan dilaksanakan pada hari jumat dimulai pada pukul 14.00-17.00 WIB.
6.Perincian
Hari
Tanggal
Pukul
Materi
Sub Materi
Keterangan
Jumat
3 Februari
14.00-17.00
Self Identity
Spaeking
Membawa Catatan
Jumat
10 Februari
14.00-17.00
Sing A Song
Listening
Jumat
17 Februari
14.00-17.00
Self Identity
Writing
Membawa Kamus
Jumat
24
Februari
14.00-17.00
Grammar
Present Simple
Membawa kamus
7.Penutup
Semoga apa yang telah kami sajikan tadi mendapatkan tanggapan yang serius bagi Bapak/Ibu selaku Kepala Sekolah Dasar atau MI desa Golantepus kecamatan Mejobo Kudus. Serta dapat menciptakan dan memajukan generasi bangsa yang berbahasa ditengah era persaingan bebas yang semakin menggila. Terima kasih atas segala kepercayaannya.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar