(Persembahan Untuk Para Sahabat)
Sahabat adalah dorongan ketika engkau hampir berhenti, petunjuk jalan ketika engkau tersesat, membiaskan senyuman sabar ketika engkau berduka, memapahmu saat engkau hampir tergelincir dan mengalungkan butir-butir mutiara doa pada dadamu...Ikhwan and akhwat...moga hati kita dipertautkan karena-Nya
Terimakasih Telah Menjadi Sahabat Dalam Hidup kami

rss

Jumat, 05 Oktober 2007

Kabupaten Pati tentang pertanian


Pembangunan sektor pertanian merupakan hal yang sangat penting dalam pembangunan Indonesia,karena lebih dari 55 persen penduduk Indonesia yang bekerja,melakukan kegiatannya di sektor pertanian. Untuk membangun sektor pertanian yang tangguh,membutuhkan perencanaan yang cermat sedangkan perencanaan secara baik perlu data yang baik pula.

5.1. Tanaman Pangan

Pengumpulan data statistik tanaman pangan dan hortikulturadi dapat dari survai-survaipertanian yang diadakan sekali setiap bulan. Data yang dikumpulkan meliputi luas tanaman/banyaknya pohon,luas panen,produktifitas persatuan luas/pohon dan produksi. Sebagai bahan pelengkap juga dikumpulkan data mutasi tanaman seperti luas tanaman akhir bulan laporan,dipanen berhasil,rusak/puso,penanaman baru dan luas tanaman awal bulan. Khusus beberapa komoditi ditanyakan pula luas tanaman per jenis intensifikasi dan yang dipanen muda.
Usaha tanamanhortikultura adalah kegiatan yang menghasilkan produk tanaman sayuran,tanaman buah-buahan atau tanaman hias dengan tujuan sebagian atau seluruh hasilnya untuk dijual atau ditukar atau memperoleh pendapatan atau keuntungan atas resiko sendiri.
Produksi tanaman padi sawah mengalami kenaikkan dari 401.676 ton pada tahun 2003 menjadi 499.488 ton pada tahun 2004.Produksi padi gogo pada tahun 2003 sebanyak 7.018 ton sedangkan pada tahun 2004 naik menjadi 8.045 ton.Untuk tanaman jagung produksinya sebesar 45.358 ton pada tahun 2003 dan naik menjadi 64.105 ton.Ketela rambat juga mengalami penurunan,di tahun 2003 produksinya sebanyak 3.202 ton turun menjadi 1.525 ton di tahun 2004.Komoditas lainnya seperti ketela,kacang tanah,kedelai,kacang hijau,buah-buahan serta tanaman sayuran ada yang mengalami kenaikkan produksi tetapi ada pula yang mengalami penurunan produksi(bisa dilihat tabel 5.1.4 s/d 5.1.10)

0 komentar:

 
Terimakasih Atas kunjungan Anda, Semoga Semuanya Dapat Memberikan Manfaat Bagi Kita Semua