(Persembahan Untuk Para Sahabat)
Sahabat adalah dorongan ketika engkau hampir berhenti, petunjuk jalan ketika engkau tersesat, membiaskan senyuman sabar ketika engkau berduka, memapahmu saat engkau hampir tergelincir dan mengalungkan butir-butir mutiara doa pada dadamu...Ikhwan and akhwat...moga hati kita dipertautkan karena-Nya
Terimakasih Telah Menjadi Sahabat Dalam Hidup kami

rss

Senin, 22 Oktober 2007

SEDEKAH/PATI



Sungai dangkal, sedekah laut Tayu sederhana

PATI-Kondisi sungai Tayu yang sangat dangkal akibat tebalnya permukaan lumpur, menyebabkan para nelayan setempat tidak akan menggelar acara sedekah laut secara meriah.
Menurut Kepala Desa Sambiroto Kecamatan Tayu, Pati, Karjono, meski tidak akan dilakukan acara besar-besaran, prosesi sedekah laut tahun ini tetap akan digelar. “Rencananya akan kita adakan dengan sederhana saja, mengingat kondisi sungai yang dangkal,” ungkapnya.
Ditambahkan, ritual sedekah laut Tayu rencananya akan digelar Minggu (21/10) nanti. Seperti biasanya, imbuh Karjono, acara sedekah laut Tayu tahun ini akan diisi dengan prosesi larung sesaji.
Perangkat sesaji yang akan dilarung, di antaranya kepala kerbau dan kepala kambing. Sedangkan acara lain, termasuk pementasan hiburan rakyat dan lomba-lomba, tahun ini tidak akan digelar dalam acara sedekah laut Tayu.
Sementara itu acara pesta syawalan atau sedekah laut Juwana, tahun ini rencananya akan digelar 22 Oktober nanti. Menurut Ketua panitia sedekah laut Juwana, Jamari, puncak acara sedekah laut Juwana tahun ini akan kembali di pusatkan di Desa Bendar Kecamatan Juwana
Dijelaskan Jamari, seperti tahun-tahun sebelumnya, puncak acara lomban adalah prosesi larung sesaji. Selain acara ritual tadi, Jamari mengungkapkan bahwa sejumlah kegiatan telah disiapkan untuk memeriahkan acara tersebut.
Di antara acara yang akan meramaikan prosesi lomban di Juwana adalah, arak-arakan sesaji keliling Desa Bendar. Masih untuk memeriahkan acara sedekah laut Juwana, Jamari menambahkan sejumlah acara hiburan tradisonal akan digelar di Desa Bendar Kecamatan Juwana, seperti pertunjukan barongan dan pentas ketoprak.
Selain acara yang diselenggarakan oleh panitia sedekah laut, sejumlah kelompok nelayan menurut Jamari juga akan mengadakan pertunjukan hiburan. Mulai tanggal 16 Oktober, sejumlah pentas hiburan musik dangdut akan digelar oleh kelompok nelayan,” imbuhnya. Juk

0 komentar:

 
Terimakasih Atas kunjungan Anda, Semoga Semuanya Dapat Memberikan Manfaat Bagi Kita Semua