(Persembahan Untuk Para Sahabat)
Sahabat adalah dorongan ketika engkau hampir berhenti, petunjuk jalan ketika engkau tersesat, membiaskan senyuman sabar ketika engkau berduka, memapahmu saat engkau hampir tergelincir dan mengalungkan butir-butir mutiara doa pada dadamu...Ikhwan and akhwat...moga hati kita dipertautkan karena-Nya
Terimakasih Telah Menjadi Sahabat Dalam Hidup kami

rss

Rabu, 14 November 2007

Penemu Algoritma



Buat kamu yang belajar matematika, harus tahu siapa yang pertama kali menemukan rumus hitungan algoritma. Dialah Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khawarizmi atau kamu mungkin pernah mendengarnya dengan nama al-Khawarizmi atau kheva yang terletak disebelah selatan sungai Oxus dan sekarang kita mengenalnya dengan negara Uzbekistan. Ia wafat pada 840M. Ilmuan Muslim yang jenius itu telah banyak menghasilkan risalah Artimatika. Kitabnya yang terkenal adalah al-Jam’u wat-Tafriiq bil Hisab al-Hindu,AlJabra ,al-Maqala Fi Hisab al-Jabr wal Muqabilah.
Selain itu Al-Khawarizmi juga telah menghasilkan buku geografi yang menumental, al-Ardh yang memuat peta-peta dunia. Hasil karya beliau banyak dijadikan pegangan dasar diuniversitas-Universitas Eropa hingga abad ke-16, selain telah banyak diterjemahkan dalam bahasa Inggris dan Latin.
Jadi semestinya, umat Islamlah yang harus maju dalam IPTEK. Karena ilmuan brillian yang lebih hebat dari seorang einsten,banyak lahir dari kaum Muslim. (Sabili)

0 komentar:

 
Terimakasih Atas kunjungan Anda, Semoga Semuanya Dapat Memberikan Manfaat Bagi Kita Semua