(Persembahan Untuk Para Sahabat)
Sahabat adalah dorongan ketika engkau hampir berhenti, petunjuk jalan ketika engkau tersesat, membiaskan senyuman sabar ketika engkau berduka, memapahmu saat engkau hampir tergelincir dan mengalungkan butir-butir mutiara doa pada dadamu...Ikhwan and akhwat...moga hati kita dipertautkan karena-Nya
Terimakasih Telah Menjadi Sahabat Dalam Hidup kami

rss

Kamis, 08 Mei 2008

Akibat Debu Pantura, Banyak Warga Menderita ISPA

KABUPATEN PATI-Warga Dusun Guyangan, Desa Purworejo, Kecamatan Pati belakangan ini banyak yang mengidap penyakit ISPA (infeksi saluran pernapasan atas). Hal itu disebabkan debu Jalan Pati-Juwana yang dalam proses perbaikan.

Kepala Dusun setempat Kasdullah mengatakan, saat ini puluhan warganya mengalami keluhan gangguan pernapasan. Namun, sebagian besar dari mereka hanya berobat ke bidan atau puskesmas terdekat.

Tidak hanya orang tua dan dewasa, anak-anak juga banyak yang mengalami keluhan tersebut karena setiap hari menghirup debu. Kondisi tersebut, menurutnya, sudah berlangsung dua bulan ini.

Pasalnya, penanganan darurat jalan sepanjang tujuh kilometer, mulai dari Desa Widorokandang, Kecamatan Pati hingga Desa Mintomulyo, Kecamatan Juwana yang sempat terendam banjir Februari lalu tidak langsung dilanjutkan dengan perbaikan. Akibatnya, peninggian dan pelebaran jalur pantura timur itu saat cuaca panas menimbulkan banyak debu.

Debu tersebut, menurutnya, dirasakan warga sampai radius 100 meter. Bahkan, yang paling parah terkena dampaknya adalah puluhan keluarga yang bermukim tepat di tepi jalan itu.

Kategori Ringan

Sementara itu, peningkatan penyakit ISPA di wilayah tersebut dibenarkan Kasubdin PPMPLP Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati dokter Endah Susianawati MM. Menurutnya, ISPA banyak dialami anak-anak, namun tidak sampai dalam kategori berat. "Sebenarnya peningkatan jumlah penderita ISPA terjadi di semua wilayah di Pati. Namun, bisa jadi debu di jalur pantura menyebabkan warga sekitar juga terkena penyakit itu," jelas dia.

Jumlah penderita ISPA untuk anak-anak di Puskesmas Juwana dan Pati II yang juga memberikan pelayanan kesehatan bagi warga Desa Widorokandang, Purworejo, dan Gadingrejo sampai Maret jumlahnya lebih dari 1.500 orang. (H49-36)

0 komentar:

 
Terimakasih Atas kunjungan Anda, Semoga Semuanya Dapat Memberikan Manfaat Bagi Kita Semua